google


Powered By Blogger

American Football Vs Rugby

#comments{ background: #EEE2E2; border; 3px solid #F10C0c; padding: 5px; } .comment-body { font size: 21px; }

Akhirnya, setelah sekian lama vakum muncul juga ide untuk sebuah tulisan. Berbeda dengan tulisan mengenai olahraga lain yang lebih lengkap, tulisan ini hanya memberitahukan perbedaan besarnya saja. Jadi tidak sampai ke peraturan-peraturannya. Hanya perbedaan yang kasat mata. Dan tujuannya agar orang Indonesia yang notabene tidak terlalu paham dengan 2 olahraga ini tidak menjadi salah sebut.
Adapun yang saya bahas hanya 3 perbedaan yang mencolok, yakni lapangan, bola dan jersey (kostum). Karena 3 perbedaan itulah yang paling mudah untuk dipahami.
Sebelumnya saya minta maaf kalo yang Rugby agak kurang lengkap. Karena saya sendiri penggemar NFL (liga American Football) jadi maaf kalo merasa saya anaktirikan.
Oke yang pertama tentang American Football.
American Football itu dimainkan oleh 11 orang di tiap tim. Sedangkan dalam satu tim ada 11 pemain penyerang dan 11 pemain bertahan. Sehingga dalam American Football bila 1 tim menyerang maka tim lain bertahan. Dan menyerangnya bergantian. Adapun perbedaan American Football adalah :



1. Pakaian

Gambar protective Gears yang harus digunakan.
Dalam American Football, Protective Gears tersebut wajib digunakan. Karena tackle dalam American football lebih keras dan “tanpa aturan”. Adapun bila telah diberi jersey akan tampak seperti ini :

Peyton Manning, QB dari Indianapolis Colts

2. Bola
Bola dalam American Football berbentuk lonjong. Bolanya dapat dibeli di ACE Hardware(blum pernah liat ada toko sport yang jual sih) . Warnanya coklat. Dan bagian tengahnya seperti ada jahitannya. Aku punya 1 bolanya merek Wilson AllPro, belinya di kandangnya Houston Texans (sombong dikit lah he3x..).

Bola resmi NFL

3. Lapangan
Ukuran lapangan American Football adalah 109,7m x 48,8m. Sedangkan panjang yang digunakan hanya 100 yards(91,4m) dan di tiap 10 yardsnya diberi garis putih, dengan lebar 48,8m. Adapun gambar lapangan American Football

Contoh lapangan American Football

Nah selanjutnya kita akan bahas mengenai Rugby Union/Rugby/Union.
Rugby unions dimainkan oleh 15 orang di tiap timnya. dan seperti American Football, poemain bertahan dan penyerangnya merupakan orang yang berbeda. Adapun perbedaannya dengan American Football yang paling mencolok adalah :
1. Pakaian
Pakaian Rugby seperti pakaian bola biasa. tidak ada pelindung khususnya. Jadi hanya kaos dan celana (meskipun begitu kita juga harus memakai celana khusus untuk melindungi tulang ekor). Kadang2 juga ada yang memakai helm, namun helmnya bukan helm American Football. Ada helmnya tersendiri.

Gambar pakaian Rugby tim Australia


Contoh helm Rugby dari Puma

2. Bola
Bola Rugby hampir mirip dengan American Football. Namun biasanya berwarna dasar putih. Dan yang jelas ukurannya lebih besar dan ujungnya tidak selancip bola American Football. Ini ada contoh bola rugby :

Gambar bola resmi Rugby

3. Lapangan
Lapangan Rugby berukuran 100 x 70 meter. Juga bergaris2 putih, namun tidak seperti lapangan Football (bukan soccer lho). Adapun contoh lapangan Rugby :


Gambar lapangan Rugby
Nah itu tadi perbedaan yang paling mencolok dari American Football dengan Rugby. BTW, Indonesia punya tim Rugby yang cukup kuat. Timnasnya bernama Indonesian Rhinos. Ini websitenya www.indonesianrugby.com


1 komentar:

Azashi mengatakan...

saya lebih suka american football, saya men american football juga, tapi bolanya bukan dari kulit, kalo yang kulit beli dimana & harganya berapa y?

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates