google


Powered By Blogger

Gerhana Matahari 26 Januari 2009

#comments{ background: #EEE2E2; border; 3px solid #F10C0c; padding: 5px; } .comment-body { font size: 21px; }

Hari Senin, 26 Januari 2009 akan terjadi gerhana matahari. Gerhana matahari adalah kejadian alam di siang hari saat bulan melewati/menutupi matahari. Gerhana matahari kali ini merupakan gerhana matahari annular, yaitu ukuran lingkaran bulan terlihat lebih kecil daripada lingkaran matahari, sehingga saat puncak gerhana, matahari akan terlihat sebagai cincin.

Gerhana matahari akan bermula pada pukul 15.20 WIB dan berakhir pada pukul 17.50 WIB, dengan puncak gerhana pada pukul 16.40 WIB. Gerhana ini bisa terlihat di wilayah Indonesia di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat mengamati gerhana ini. Karena gerhana sangat berbahaya bagi mata manusia. Selain itu juga akan terjadi...


pasang air laut diseluruh wilayah Indonesia karena pengaruh gravitasi bulan.

Gerhana ini akan terlihat jelas dipulau Kalimanten, sedangkan diJawa tetap terlihat namun hanay berbentuk cincin yang tidak simetris.



(sumber: http://www.eclipse.org.uk/eclipse/Jakarta_Indonesia.html)

Dalam bentuk animasi, gerhana akan terjadi seperti pada gambar di bawah ini (catatan waktu dalam UTC, tambah 7 jam untuk menjadi WIB).



(sumber: http://www.eclipse.org.uk/eclipse/Jakarta_Indonesia.html)

Menurut simulasi Stellarium, annular/cincin gerhana akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Bersiap-siaplah, siapa tahu setelah gerhana anda mempunyai kekuatan super!

Update:
Ternyata gerhana terjadi saat garis edar matahari melalui samudera Atlantik, selatan Afrika, samudera Pasifik dan daratan Indonesia. Titik daratan terbaik untuk melihat gerhana ini di Lampung.






(Info dari http://www.hermit.org/Eclipse/2009-01-26/)


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates