google


Powered By Blogger

Stadion Wembley Saksi Bisu Manchester United

#comments{ background: #EEE2E2; border; 3px solid #F10C0c; padding: 5px; } .comment-body { font size: 21px; }


Berita Bola: Jakarta - Sejak Stadion Wembley baru dibuka lebih dari dua tahun lalu, Manchester United sudah empat kali menapakkan kakinya di sana. Tiga kali mereka menang dengan adu penalti.

Ketika pertandingan MU kontra Tottenham Hotspur di final Piala Carling, Minggu (1/3/2009), harus berkesudahan 0-0 selama 90 menit waktu normal plus extra time, maka adu penalti pun menjadi penentu siapa yang berhak jadi juara.


Saat itu, barangkali puluhan ribu pendukung MU sudah tersenyum senang. Pasalnya, MU memang sangat berpengalaman dalam urusan ini; khususnya bila tahap tos-tosan itu dilakukan di Wembley.

MU berhak memboyong Piala Carling ke Manchester karena di babak adu penalti mereka mengungguli Spurs 4-1.

Inilah alasan mengapa para pendukung MU sudah tersenyum bahkan sebelum adu penalti dimulai. Tiga kali 'Setan Merah' bertanding di Wembley, dua di antaranya berujung pada kemenangan lewat tos-tosan.

Dua kemenangan yang dipetik MU lewat adu penalti kesemuanya terjadi di ajang Community Shield. Tahun 2007, The Red Devils memenangi ajang curtain raiser itu dengan mengalahkan Chelsea 3-0 di adu penalti setelah bermain 1-1 selama 120 menit.

Setahun kemudian, Community Shield kembali dikuasai MU dengan mengalahkan Portsmouth 3-1 di adu penalti. Dalam 120 menit waktu biasa, MU dan Pompey bermain 0-0. Sebagai catatan, Portsmouth kala itu ditukangi Harry Redknapp yang malam tadi mengarsiteki Spurs.

Kedigdayaan MU di babak penalti yang menentukan juga sangat teruji, meski itu terjadi luar Wembley. Di final Liga Champions 2008 di Moskow, Ryan Giggs dkk menjadi juara setelah menundukkan Chelsea lewat adu penalti.

Untuk mengalahkan MU di Wembley, sarannya hanya satu: kalahkan dalam 90 menit atau 120 menit. Cara ini sukses dilakukan Chelsea yang menorehkan satu-satunya kekalahan MU di Wembley dengan menang 1-0 di final Piala FA 2007.

Foto: Aksi kiper MU Ben Foster dalam adu penalti final Piala Carling 2009. (Reuters/Darren Staples)(dtc/arp/a2s)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates